Jalan-jalan ke Garut memang belum lengkap kalau belum beli oleh-oleh khas Garut, salah satunya tentu dodol garut. Merk dodol garut yang paling terkenal dan sudah ada sejak jaman dulu adalah Dodol Picnic. Waktu ke Garut kemarin kami sempatin main-main langsung ke pabrik Dodol Picnic. Di sana bisa melihat pembuatan dodol secara langsung dan ada galerinya.

 

Untuk bisa mengunjungi pabrik Dodol Picnic, kalau perorangan sih ga terlalu repot karena bisa dikasih ijin β€˜kunjungan tidak resmi’. Tapi kalau datang dengan kelompok besar misalnya gathering perusahaan atau group tour besar, harus lapor dulu ke bagian humas karena mereka akan menyediakan ruangan khusus untuk presentasi.

Bagian produksi Dodol Picnic cukup sederhana. Yang pertama adalah ruang pengadukan yang terdiri dari beberapa puluh mesin yang diletakkan di sekeliling ruangan dan agak merapat ke tembok. Satu mesin berkapasitas mengaduk 100 kg adonan dodol dan itupun masih dibantu dengan tenaga manusia menggunakan stik kayu. Proses pengadukan berlangsung selama 4 jam.

Setelah itu adonan ditempatkan ke dalam nampan kecil-kecil dan ditumpuk di rak kemudian dimasukkan ke ruangan tertutup untuk didinginkan selama 1 hari.

Kalau sudah dingin, berikutnya adalah proses pemotongan dan pembungkusan. Proses pemotongan masih dilakukan secara manual dengan alat seperti penggaris besi. Di masing-masing meja panjang berderet puluhan staf yang dengan cekatan membungkus masing-masing dodol yang sudah dipotong dengan bungkus kertas. Dan di satu ruangan ada puluhan meja panjang. Kebayang kan berapa banyak dodol yang dihasilkan per harinya?

Selesai pembungkusan berikutnya adalah proses pengemasan ke dalam box dan wrapping. Sebagian besar prosesnya menggunakan mesin. Dari sana proses produksi selesai dan barang siap didistribusikan.

X
Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu ?
Powered by