Sejak lama, Garut terkenal sebagai penghasil makanan dodol yang memiliki cita rasa yang khas, produk tersebut banyak digemari masyarakat luas. Potensi inilah yang mendorong H. Iton Damiri pada tahun 1949 merintis pembuatan usaha Dodol Garut yang berlokasi di Jl.Gunung Payung No.21 dengan merk yang digunakan pada saat itu adalah “Halimah”.

Perusahaan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga tahun 1957, Bapak H. Iton Damiri mengajak adiknya Bapak Aam Mawardi untuk bergabung. Pada tahun tersebut nama perusahaan yang dipakai adalah “HERLINAH” yang diambil dari salah satu nama keluarganya.

Atas prakarsa Bapak Aam Mawardi merek PICNIC menjadi merk yang diusulkan dan dangunakan hingga saat ini. pergantian nama tersebut diusulkan agar dodol bisa dijual di sebuah toko yang memiliki pangsa pasar menengah keatas.PICNIC menjadi merk yang sudah secara resmi terdaftar di Direktorat Patent.

Seiring dengan pesatnya permintaan dan minat terhadap Dodol Picnic, ditahun 1959 Picnic membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi yang lebih besar. Pabrik ini beralamat di Jl.Pasundan No.102 dan masih beroperasi hingga saat ini.

Memasuki tahun 1969, Dodol Picnic telah mendistribusikan produknya ke beberapa kota besar di Indonesia.

Pada tahun 1972  Bapak. Aam Mawardi meninggal dunia, dan pada tahun yang sama H.Iton Damiri mendelegasikan operasional pabrik kepada Bapak. H.Muhsin

Pada tahun 1973 perusahaan melakukan desain ulang kemasan untuk menghindari terjadinya pemalsuan akibat adanya persaingan tidak sehat. Sehingga kemasan yang berwarna bright saturated pink yang menjadi ciri khas Picnic dirilis

Pada tahun 1986, status perusahaan perseorangan diubah menjadi perusahaan berbadan hukum “Perseroan Terbatas” dengan nama perusahaan “PT. HERLINAH CIPTA PRATAMA”.

Dekade 90 Dodol Garut Picnic banyak mendapatkan prestasi dan penghargaan dari pemerintah. Penghargaan UPAKARTI tahun 1990, Penghargaan SIDDHAKARYA dibidang produktivitas tahun 1995, Penghargaan PARAMAKARYA dibidang produktivitas tahun 1996, Penghargaan Indonesia Development Citra Award 1998-1999.

Terjadi regenerasi kepemimpinan diperusahaan dimana H. Ato Hermanto dipercaya menjadi Direktur perusahaan. Sejak saat itu perusahaan melakukan berbagai upaya perbaikan, penyempurnaan dan pengembangan dalam berbagai bidang diperusahaan seperti manajemen, produksi, pengembangan produk, pemasaran, administrasi, SDM dan diversifikasi produk aneka Dodol Garut. Hingga saat ini perusahaan sudah mampu menyerap tenaga kerja +200 orang dengan klasifikasi pendidikan dan keahlian. Kapasitas produksi berkisar 4-6 ton per hari dengan cakupan pemasaran meliputi seluruh wilayah kota besar di Indonesia. Distribusi Dodol Picnic ke retail ternama mulai diinisiasi dan bertahan hingga sekarang.

PD.Primarasa didirikan sebagai Supporting Business Unit PT. Herlinah Cipta Pratama pada bidang ritel. ditahun yang sama juga, Resto Pujasega didirikan.

Kabar duka menyelimuti keluarga besar Dodol Garut Picnic, ditahun 2002 salah satu pendiri perusahaan Bapak H.Iton Damiri meninggal dunia.

PT. Herlinah Cipta Pratama memulai inovasi dalam produknya untuk meremajakan pasar Dodol Picnic. produk-produk seperti Dodol Picnic aneka rasa (wijen, susu, jahe&madu, moka, coklat, kurma, cocopandan, jambu, nanas, durian, bluebery, stroberi) brownies dodol, chocodol mulai dirilis. Produk terbaru ditahun 2017 juga telah dirilis, adalah Dodol Salut Coklat atau Dolchoc, citarasa dodol picnic yang melegenda.

Sejak lama Dodol Picnic sangat aktif dalam program CSR. pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan ataupun memberikan manfaat ekonomi, sosial daintaranya adalah mengadakan kegiatan sosial khitanan massal, kegiatan qurban yang rutin dilakukan setiap tahunnya, dan berbagai kegiatan supporting terhadap kegiatan-kegiatan pemerintah serta ikut andil dalam supporting kegiatan olahraga dalam pembinaan pebalap sepedaagar bisa berprestasi baik tingkat lokal, nasional ataupun internasional.

X
Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu ?
Powered by